Sekolah sebagai tempat yang menyenangkan tentu sangat penting. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi minat belajar siswa. Ketika siswa senang datang ke sekolah mereka akan mengikuti pembelajaran dengan sebaik mungkin. Tapi ketika mereka tidak menyukai kegiatan di sekolah maka mereka akan merasa sekolah bagaikan penjara dan mereka merasa terbebas ketika lonceng pulang berbunyi.
Salah satu hal yang harus membuat siswa senang di sekolah adalah penerapan pembelajaran yang menyenangkan. Siswa selalu merasa materi pelajaran sesuatu yang membosankan sehingga menurunkan minat belajar siswa. Menurut Slameto (1991:182) minat adalah “suatu rasa lebih suka da rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas, tanpa ada yang menyuruh”. Jadi dengan demikian jika siswa mmiliki ketertarikan yang tinggi dalam pembelajaran diharapan akan mampu mningkatkan hasil belajarnya.
Pada proses belajar mengajar, guru harus crmat merancang pmbelajaran yang menarik. Segala strategi dan metode yang akan diterapkan disusun di dalam Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP di susun dengan sistmatis sehingga tercantum stragi pembelajaran yang akan diterapkan.
Untuk membuat pembelajaran menarik dan mnyenangkan seorang guru harus kreatif dan inovatif. Inovasi pemblajaran merupakan hal yang mutlak dilakanorang guru agar terciptaya pembelajaran yang menarik. Dalam berinovasi seorang guru bisa melakukan inovasi pada strategi, metode, alat peraga maupun media pembelajaran.
Penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang menarik akan membuat siswa terkesan dan memperhatikan guru tersebut. Rasa penasaran dalam diri siswa akan muncul, selanjutnya mereka akan muncul rasa ingin tahu terhadap materi yang akan disampaikan guru. Penggunaan media pembelajaran yang menarik akan lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah.
Alat peraga juga merupakan hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Dengan penggunaan alat peraga diyakini proses belajar akan lebih menarik dan siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Penggunaan alat peraga memungkinkan siswa untuk aktif melaksankan. Daya ingat siswa akan lebih kuat ketika mereka melaksanakan dibandingkan dengan hanya mendengarkan teori saja.
Selain itu, untuk menciptakan pmblajaran yang menyenangkan seorang guru harus memiliki kratifitas yang tinggi sehingga mampu membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran diharapkan tidak hanya brsifat Teacher centres. Semua siswa diharapkan mampu aktif dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu guru diharapkan jeli dalam menerapkan menerapkan metode yang akan digunakan.
Inovasi pembelajaran melalui menciptakan alat peraga, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan penerapan strategi pembelajaran yang tepat merupakan bentuk inovasi pembelajaran yang menciptakan suasana baru dalam belajar. Susasana dan cara yang baru akan membawa siswa kedalam rasa penasaran terhadap materi yang akan disampaikan guru. Daya tarik ini lah yang akan membuat guru lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran tersebut.
Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan merupakan suatu keharusan. Tanpa inovasi-inovasi pembelajaran yang menarik dikhawatirkan siswa akan bosan dan memiliki minat belajar yang rendah. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki inovasi yang tepat dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan demikian pembelajran akan berjalan dengan menarik dan diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.***
Sastri Enita, Guru SDN 50 Babussalam, Duri Kabupaten Bengkalis.